Insabnya Zea

(cerpen: Insabnya Zea. Karya Dwi Amanatul Meilina 8a+ MTsN 1 PASURUAN)
INSABNYA ZEA
      Di sebuah kota ada seorang anak yang bernama Zea yang sangatlah rajin dan pintar di sekolahnya. Hampir di setiap semester dia mendapatkan rangking di kelasnya. Zea berasal dari keluarga yang kurang mampu. Selama dia masih di sekolah dasar, ia belajar dan mencari informasi untuk menyelesaikan tugas dengan membaca buku. Zea belajar dengan tekun untuk mencapai nilai sempurna agar dia lulus dengan nilai yang terbaik.

      Singkat cerita setelah 6 tahun di tempuh Zea di sekolah dasar, pada akhirnya dia lulus. Ketika dia masuk ke kelas 1 SMP hanya dia yang tidak mempunyai handphone di kelasnya. Walaupun dia tidak mempunyai handphone, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Zea terus belajar dengan rajin dan tekun.

      Pada saat dia berulang tahun ke 13, dia meminta orang tuanya untuk membelikannya handphone, karena Zea selalu di bully temannya sebab tidak mempunyai handphone. Mendengar perkataan anaknya, mereka pun mempertimbangkan dan akhirnya menyetujui permintaannya.

       Zea berjanji pada orang tuanya bahwa ia akan semakin giat belajar jika permintaannya itu di setujui. Belum mencapai satu minggu, Zea sudah menggunakan berbagai jenis sosial media yang dapat menggeser waktu belajarnya. Hingga ia akhirnya lebih sering bermain handphone dari pada mengerjakan tugas.

      Semenjak mengenal internet, Zea sudah tidak pernah mendapatkan rangking dan nilai-nilainya pun ikut turun secara drastis yang belum diketahui oleh orang tuanya. Saat libur pun, sekeluarga berkumpul namun, Zea malah tertidur karena semalaman bermain game.

     Tiba-tiba handphone ibunya berbunyi. Ternyata wali kelas Zea memberitahukan bahwa nilai Zea menurun drastis. Mendengar perkataan itu, ibunya pun terkejut. Sontak ibunya membangunkan Zea dari tempat tidurnya, lalu Zea pun di beri pengarahan bahwa teknologi juga penting tapi kita harus menggunakannya dengan bijak.

      Sebagai pelajar kamu harus menggunakan internet guna menunjang kebutuhan sekolahmu. Bukannya melarang untuk bermain sosial media namun, kamu juga harus pintar membagi waktu sehingga tahu kapan waktu belajar dan menghabiskan waktu dengan keluarga.

 

      Zea pun meminta maaf dan berjanji akan menggunakan handphonenya dengan semestinya. Sejak saat itu Zea pun belajar dengan menggunakan handphone dan juga membaca buku, sehingga nilai dia pun semakin bagus dan bukan hanya mendapatkan rangking dia juga mendapatkan banyak prestasi dari berbagai bidang mata pelajaran.

      Di sini kita belajar bahwa secanggih- canggihnya internet kalau tidak digunakan dengan semestinya akan berdampak negatif kepada penggunanya.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Program Literasi Sekolah

Membaca Nadhom asmaul husnah sebelum KBM Madrasatul Quran 30 menit sebelum KBM Menulis buku untuk guru dan siswa Perpustakaan keliling, Perpustakaan digital Membuat mading madrasah Membuat majalah madrasah Membuat pojok baca Perpustakaan di kelas Mengikuti program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) 2022

Baca selengkapnya...

Prestasi Literasi Sekolah

1. Menerbitkan buku karya siswa 2. Menerbitkan buku karya guru 3. Menerbitkan majalah madrasah 4. Juara lomba membaca Puisi 5. JUARA 1 LOMBA VIDEO PROFIL MADRASAH Tk. MTs. Se kabupaten6. JUARA FAVORIT LOMBA VIDEO PROFIL MADRASAH Se kabupaten

Baca selengkapnya...
Website Anda Akan Segera Habis Masa Aktifnya
Hari
Jam
Menit
Detik
Website Anda Akan Segera Nonaktif. Abaikan Pesan Ini Jika Telah Melakukan Perpanjangan.

Perpanjang Sekarang!